PENGERTIAN PERILAKU KONSUMEN
Perilaku
konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang atau organisasi dalam
mencari, membeli, memakai, mengevaluasi, dan membuang produk ataupun jasa
setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Atau definisi perilaku konsumen
yang lainnya yaitu proses dan aktifitas saat seseorang atau organisasi
berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, pemakaian, dan
pengevalusian produk atau jasa demi memenuhi keinginan dan kebutuhannya.
Perilaku konsumen merupakan berbagai hal-hal yang mendasari konsumen untuk
membuat keputusan pembelian produk atau jasa.
Adapun
pengertian menurut para ahli :
Menurut
John C. Mowen dan Michael Minor mendefinisikan perilaku konsumen sebagai studi
tentang unit pembelian (buying unit) dan proses pertukaran yang
melibatkan perolehan United States, konsumsi berbagai produk,jasa
dan pengalaman serta ide-ide.
Menurut
Lamb, Hair dan Mc.Daniel menyatakan bahwa perilaku konsumen adalah proses
seorang pelanggan dalam membuat keputusan untuk membeli, menggunakan serta
mengkonsumsi barang-barang dan jasa yang dibeli, juga termasuk faktor-faktor
yang mempengaruhi keputusan pembelian dan penggunaan produk.(Rangkuti,2002:91)
Menurut
Engel, Blackwell dan Miniard, menyatakan bahwa perilaku konsumen adalah
tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan
menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan
mengikuti tindakan ini.
Sumber
:
http://esty.staff.uns.ac.id/definisi-perilaku-konsumen/
No comments:
Post a Comment